TNI AL menjaga kekayaan dan harga diri Bangsa Indonesia di Laut

Pikiranku seringkali kembali pada kenangan cita-cita masa kecilku.

'Saya ingin menjadi anggota TNI AL, saya ingin menjaga kekayaan dan harga diri bangsa ini di laut'.

Cita-cita besar itu muncul diawal tahun 90an dimana banyak kapal TNI AL rutin melewati depan rumahku ketika pergolakan di Timor Leste berlangsung dengan misi menjaga harga diri bangsa di lautan selatan Indonesia dari gangguan negara selatan, dan misi lainnya mengejar kapal yang melakukan ilegal fishing di lautan timur Indonesia, serta kisah ketangguhan TNI AL masa lalu di timur dan
utara Indonesia, begitu gagahnya TNI AL dibenakku.

Saat ini kebanggaan masa kecil itu sengaja dihapuskan oleh kebijakan penuh kepentingan diseantero negeri ini. Banyak lembaga yang dibentuk untuk bekerja d laut, seperti Polair, Bea cukai, DKP/KKP dan lembaga lainnya, yang mana tugas masing-masing lembaga ini ada didalam tugas dasar TNI AL.

Saya malu sebagai anak bangsa ketika mendapatkan berita anggota lembaga terkait (non TNI AL) ditangkap oleh angkatan laut negara-negara utara di wilayah perbatasan yang mungkin saja masih diwilayah NKRI karena para anggota yang tertangkat tersebut tidak mengetahui posisi dimana mereka ditangkap, dengan proses penangkapan tanpa ada perlawanan sedikitpun. lebih memalukan bila kisah itu disandingkan dengan kisah dua prajurit TNI AL (Korps Marinir/KKO dimasanya) ketika dihadang kapal perang negara utara mereka melakukan perlawanan dengan segala cara, walau akhirnya ditangkap, mereka ditangkap sebagai pejuang dan selanjutnya dijadikan pahlawan bukan pecundang.

Karena banyak kebijakan dibuat oleh banyak departemen yang berkepentingan, banyak pula anggaran yang turun dalam berbagai pos pengeluaran namun hasilnya tidak maksimal, banyak anggaran dikorupsi, peralatan tidak sesuai spek kerja serta SDM yang kurang tanggap situasi secara teknik maupun fisik.

Bisa dibayangkan apabila semua lembaga itu mengejar 1 maling yang sama di laut? Coba dibayangkan juga bila semua biaya operasional lembaga-lembaga itu disatukan untuk mendukung TNI AL, negara ini akan memiliki kekuatan armada laut yang sangat besar dalam menjaga kekayaan dan harga diri bangsa ini di laut. Biarlah TNI AL yang berkarya dilaut, lembaga lain menunggu didarat untuk melakukan tindakan selanjutnya sesuai bidangnya masing-masing.

#SaveTNI.AL

Tidak ada komentar :

Posting Komentar