Kolaborasi Kepercayaan.

Bagi seorang pemula, untuk memulai sesuatu aktifitas yang ia inginkan merupakan sesuatu yang cukup memberatkan. Banyak pertimbangan yang dipikirkannya. Apakah berhasil? Apakah sanggup? Apakan akan bermasalah? Dan apakah apakah lainnya.

Untuk segala aktifitas yang sering saya lakukan, saya selalu mengkolaborasi tiga kelompok kepercayaan sebagai dasar. Percaya Tuhan, Percaya Diri, dan Percaya Alat.

Percaya Tuhan, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, saya percaya pada Tuhan sebagai penyalenggara kehidupan. Tuhan walau tak kelihatan, Beliau sering menunjukan jawabannya melalui tanda-tanda yang tidak kita duga sebelumnya, kadang hanya sepele, namun berarti.

Percaya Diri, rasa ini perlu dimiliki untuk meyakinkan diri melalui alam bawah sadar bahwa kita bisa melakukannya. Jika ragu-ragu, mundur.

Percaya Alat, setiap benda diciptakan untuk membantu permudah aktifitas manusia, percaya pada alat itu perlu,  namun alat punya batasan kemampuan sehingga kita wajib mengetahui dan bisa mengoperasikannya.

Jika ketiga urutan kepercayaan ini dijalankan dan semuanya seirama, maka aktifitas yang berat sekalipun bisa dilakukan. Syaratnya ketiga urutan itu sejalan ya..

Segalanya ini bisa menyangkut faktor resiko yang kemungkinan terjadi. Contoh kasus, resiko yang sering terjadi adalah kerusakan peralatan, bila hal itu terjadi, kita harus punya rasa percaya diri bahwa kita bisa memperbaikinya, melanjutkan aktifitas dengan memaksimalkan penggunaan alat yang sedang rusak itu, atau bahkan tanpa alat dimana tubuh kita adalah alat alami yang bisa kita andalkan. Selanjutnya bila permasalahan itu berlanjut hingga diluar kemampuan manusia menyelesaikannya, dibutuhkan kekuatan yang bersifat keilahian untuk mengatasinya.

Untuk dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman tidak perlu kesulitan berpikir sebelum melakukan, kita cukup kolabrasikan ketiga kelompok kepercayaan itu, selama semuanya sejalan dan seirama, hasilnya pasti maksimal.

Selamat mencoba, bila masih bingung, japri ya, biar kita lanjut diskusi lebih dalam.

**) : Foto, ketika mengajarkan scuba diving kepada para pemula dan mereka dapat melakukannya dengan hasil maksimal. Karena mereka punya kepercayaan kepada Tuhan, Diri, dan Alat yang digunakan. 🙏🏼

Tidak ada komentar :

Posting Komentar