Paralayang pertama di Gunung Seminung

Take off
Erna Kurniawati
Pilot Paralayang
Paralayang dari puncak Gunung Seminung adalah sebuah rekor luar biasa yang pernah terjadi dan dilakukan oleh seorang wanita muda Indonesia.

Adalah Erna Kurniawati, seorang pilot pemberani yang dimiliki 'MPA' Aranyacala Trisakti dan dalam pelaksanaan penerbangan ini Erna tergabung dalam tim Operasi Putri 2011, dimana selain melakukan penerbangan, tim ini juga melakukan penelusuran gua di kawasan karst Lahat, Sumatera Selatan. 

Gunung Seminung adalah sebuah gunung Vulkanik di daerah Lampung Barat, Propinsi Lampung, dengan ketinggian puncak 1881mdpl. Terbang dari puncak Gunung Seminung dan menikmati keindahan kaki Gunung Seminung dari sudut yang berbeda adalah impian para pilot paralayang apabila mereka telah menjejakan kaki maupun mengetahui keindahan kawasan danau Ranau (Lampung), namun impian hanyalah sebatas impian dimana hingga penerbangan ini dilakukan, belum ada pilot paralayang lain yang pernah melakukan penerbangan dari puncak Gunung Seminung ini sehingga dapat dipastikan bahwa Erna adalah pilot paralayang pertama yang melakukan penerbangan dari puncak Gunung Seminung, Lampung.  
Atlit dan Pendukung tim Operasi Putri
Jauh sebelum penerbangan ini dilakukan Erna bersama panitia tim Putri-nya telah melakukan berbagai persiapan, diantaranya dengan melakukan survey lokasi take off dan landing, pengamatan cuaca, pembuatan flight plan, hingga rencana SAR. Penerbangan ini sendiri dilakukan pada hari rabu 24 Agustus 2011 menggunakan parasut bermerk GIN dengan tipe bolero 4 ukuran XS.

Persiapan take off
Persiapan take off tidak berjalan mulus disebabkan kabut yang terus menyelimuti puncak, Erna hanya memiliki jeda waktu 20 detik saat kabut terbuka untuk melakukan take off. Penerbangan ini dilakukan selama 21 menit dengan jarak tempuh 3,63 km, dan berhasil mendarat dengan baik di sisi danau Ranau. Selama diudara Erna disuguhi indahnya pemandangan alam dari Gunung Seminung hingga danau Ranau yang terdiri dari hutan pinus, perkebunan, persawahan, hingga birunya air danau.

Bersama kadis pariwisata
Lampung Barat
Pelaksanaan penerbangan ini mendapat sambutan baik dari pemerintah dan masyarakat setempat, sehingga pada hari pelaksanaannya, kepala Dinas Pariwisata hadir menyaksikan penerbangan membanggakan ini, begitu pula halnya dengan masyarakat setempat, ikut membantu kelancaran kegiatan ini. Prestasi yang telah Erna bersama tim Operasi Putri torehkan ini dapat dijadikan inspirasi bagi para kaum muda pencinta kegiatan petualangan alam bebas lainnya untuk terus melakukan hal-hal baru dan menjadi luar bisa dengan hal-hal biasa yang sering dilakukan.

Tim Operasi Putri

Tidak ada komentar :

Posting Komentar